Kamis, 22 September 2011

ILMU MANTIQ / ILMU LOGIKA / LOGICS

Mabadi' / Pokok-pokok Ilmu Mantiq (مبادئ علم المنطق): ============================ 1. Definisi / ta'rif: علم يعرف فيه عن المعلومات التصورية و التصديقية من حيث انها توصل الى مجهول تصوري او تصديقي Artinya: "Ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang sudah diketahui gambarannya dan pembenarannya sekira-kira ia bisa mendatangkan kepada sesuatu yang samar gambarannya atau pembenarannya. Atau bisa juga dikatakan: Ilmu yang mempelajari tentang ta'rif / definisi atau dalil / hujjah / argumentasi berdasarkan akal pikiran yang sehat dalam rangka menuju jalan kebenaran dalam dunia keilmuan. Atau: "ilmu yang mempelajari tentang cara berpikir yang tepat, sehat, dan benar untuk memperoleh jalan kebenaran sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam ilmu logika. 2. Objek atau sasaran ilmu mantiq / logika ( موضوعه ): المعلومات التصورية و التصديقية من حيث المذكورة صحة ايصالها الى مجهول 3. Pelopor atau pencipta ilmu logika (واضعه ): Aristoteles 4. Hukum mempelajari ilmu mantiq / logika (حكمه ): a. Kalau ilmu mantiqnya tidak bercampur dengan kesesatan para filosuf, maka hukumnya fardhu kifayah berdasarkan kesepakatan para ulama. b. Kalau ilmu mantiqnya bercampur kesesatan para filosuf, maka hukumnya diperselisihkan di kalangan ulama, yaitu bisa haram dan bisa boleh. Tapi yang masyhur hukumnya diperbolehkan apabila orang yang mempelajarinya sempurna aka pikirannya. 5. Nama lain dari ilmu mantiq (اسمه ): Ilmu Mantiq, Ilmu Mizan dan Mi'yarul 'Ulum 6. Hubungan ilmu mantiq dengan ilmu-ilmu lain (نسبته الى غيره ): Masing-masing mempunyai perbedaan tersendiri 7. Masalah2 dalam ilmu mantiq (مسائله ): ilmu pengetahuan berikut pembagiannya 8. Pengambilan ilmu mantiq (استمداده ): diambil dari akal pikiran yang sehat 9. Faedah ilmu mantiq (فائدته ): عصمة الذهن عن الخطء فى الفكر Artinya: Menjaga kesalahan dalam berpikir. Kata Imam Ghazali: من لا معرفة له بعلم المنطق لا يوثق بعلمه Artinya: Barangsiapa tidak tahu ilmu mantiq (ilmu logika), maka tidak bisa dipercaya ilmunya. 10. Keutamaan mempelajari ilmu mantiq (فضله ): فوقانه على غيره من حيث كونه عام لنفع اذ لا من العلم الا يحتاج الى التعريف و الدليل Artinya: Berada di atas ilmu selainnya sekira-kira ilmu mantiq tersebut berlaku umum kemanfa'atannya. Karena, tidak ada ilmu mantiq terkecuali butuh kepada ta'rif (definisi) dan dalil (hujjah / argumentasi). PEMBAHASAN بسم الله الرحمن الرحيم DALAM ILMU MANTIQ / LOGIKA ============================================= Arti بسم الله الرحمن الرحيم yaitu: بكل اسم من أسماء الذات الجامعة لجميع الصفات الالوهية بجلائل النعم المنعم بدقائقها Ta'alluq / kaitan ilmu mantiq kepada lapadz بسم الله ada dua tinjauan, yaitu: 1. Ditinjau dari segi Mufradat (مفردات )dan 2. Ditinjau dari segi Murakkabat (مركبات ) I. Lapadz بسم الله الرحمن الرحيم Ditinjau dari Segi Mufradat: ============================ 1. Huruf ba' (باء ) pada lapadz بسم الله menurut ahli mantiq dinamakan lapadz adat (اداة), yang definisinya, yaitu: ما لا يصح لأن يخبر به وحده Artinya: "Sesuatu yang tidak sah dijadikan khabar sendirian". Seperti huruf jar, misalnya فى Ini huruf jar فى tidak bisa dijadikan khabar sendirian. Contohnya: زيد فى Ini huruf jar فى kalau mau dijadikan khabar harus majrur (huruf yang dije'erkan)nya. Contoh: زيد فى الدار Jadi, ini lapadz اداة menurut ilmu mantiq dan kalimat huruf menurut ilmu nahwu (ilmu tentang baris-baris kalimat bahasa Arab). 2. Ta'alluq ilmu mantiq kepada lapadz اسم Lapadz اسم menurut ilmu mantiq dinamakan lapadz اسم juga, yang definisinya: ما يصح لأن يخبر به وحده و لم يدل بهيئته و صيغته احد اللازمات الثلاثة Artinya: Sesuatu yang sah dijadikan khabar sendiri (tanpa sesuatu yang lain) dan tidak menunjukkan tingkah dan sighatnya kepada salah satu dari tiga zaman. Contohnya: العالم زيد Jadi, ini lapadz اسم dinamakan اسم baik menurut ilmu mantiq maupun ilmu nahwu. Adapun menurut ilmu nahwu, kalimat (كلمة) itu ada 3, yaitu: 1. Lapadz اسم 2. Lapadz فعل dan 3. Lapadz كلمة Sedangkan dalam ilmu mantiq ada 3, yaitu: اسم , فعل dan اداة 3. Ta'alluq ilmu mantiq kepada lapadz الله Lapadz الله dalam ilmu mantiq dinamakan lapadz اسم جزئي حقيقي tapi kalau menurut ilmu nahwu dinamakan kalimat اسم عالم (isim 'alam) Adapun yang dinamakan isim 'alam menurut ilmu mantiq di sini adalah: معناه واحد و تشخصه ذلك المعنى أي لأ يصدق على كثيرين Artinya isim (noun) yang mempunyai makna satu dan tidak menunjukkan kepada makna selainnya. Contoh lapadz زيد Ini lapadz زيد dinamakan اسم جزئي حقيقي Karena maknanya cuma satu, yaitu: ذات مشخصة المسمى بزيد Begitupula dengan lapadz الله dinamakan اسم حزئئ حقيقي Karena, maknanya lapadz الله yaitu الذات المعبود الوجود بالحق dan ketentuannya tidak ditujukan kepada yang lainnya. Jadi, kalau kita mau ibadah kepada Allah jangan ditujukan kepada Allahnya, tapi harus dii'tiqadkan oleh hati kita kepada dzat Allah swt. Karena lapadz Allah itu cuma hanya nama saja. Berbeda dengan isim kulli (اسم كلي), yang defininya: و هو ما يفهم الاشتراك Artinya: Setiap lapadz isim yang memberi pengertian kepada makna isytirak atau berbarengan kepada lapadz isim lainnya. Kata Syeikh Nafkhah: الشيئ لا يتضح غاية الايضاح الا بعد معرفة مقابله Contoh اسم كلي seperti lapadz انسان Ini lapadz انسان menunjukkan lapadz isim yang banyak, yaitu: حيوان ناطق Artinya: Makhluk yang bisa berpikir. Seperti: Zaed, Bakar, Umar dan sebagainya. 4. Ta'alluq ilmu mantiq kepada lapadz الرحمن الرحيم Lapadz الرحمن الرحيم dinamakan juga isim kulli (اسم كلي) seperti halnya lapadz الله Tapi je'er atau kasrahnya lapadz الرحمن الرحيم sah ditujukan kepada selain lapadz الله sehingga dinamakan lapadz كلي له فرد واحد مع استحالة وجوده seperti lapadz الاله Karena kulliyun (كلي) dibagi kepada enam bagian, yaitu: a. كلي لم يوجد فيه فرد واحد مع امكان وجوده Seperti: بحر الزئبق b. كلي لم يوجد فيه فرد واحد مع استحالةوجوده Seperti lapadz الشريك البارى c. كلي وجد فيه فرد واحد مع استحالةوجود غيره Seperti lapadz الاله d. كلي وجد فيه فرد واحد مع امكان وجود غيره Seperti lapadz الشمس e. كلي وجد فيه أفراد كثيرة مع التناهى Seperti lapadz الكواكب السبعة f. كلي وجد فيه أفراد كثيرة مع عدم التناهى Seperti lapadz النعمة II. Lapadz بسم الله الرحمن الرحيم Ditinjau dari Segi Murakkabat:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar